cover
Contact Name
Adriana Ria Dolewikou
Contact Email
adrianadolewikou09@gmail.com
Phone
+6285925022819
Journal Mail Official
adrianadolewikou09@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Jakarta.Jl Cempaka putih Tengah 27
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal sistem informasi, Teknologi informasi dan komputer
ISSN : 20890265     EISSN : 25983016     DOI : E.jurnal.justit@ftumj.ac.id
Just IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer is an Open Access Journal published by Informatics Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Jakarta. The journal is a national journal (in Bahasa Indonesia) which published three times (since Vol 11) a year regularly, every September, January and May, and has been online since 2017.W
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020" : 10 Documents clear
PERANCANGAN APLIKASI PENYEWAAN ALAT HIKIING DI TOKO GREEN CAMPUS DAERAH CILANDAK BERBASIS JAVA NETBEANS Kiki Dwi Laksmana; Yoggi Prasetyo Octavian; Caka Gatot Priambodo
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.53-61

Abstract

Komputer diciptakan untuk membantu manusia dalam pemecahan dan penyelesaian masalah. Para pengusaha besar maupun kecil yang mencoba untuk memanfaatkan kecanggihan dan perkembangan teknologi khususnya penyewaan alat hiking sehingga membuat penulis merancang aplikasi penyewaan alat hiking. Tujuan Penelitian adalah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi Penyewaan Alat Hiking Di Toko Green Campus agar pengelolaan data barang, dan pengolahan data lain pada toko green campus lebih akurat dan terstruktur, Membuat sebuah aplikasi penyewaan yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan di toko green campus, Membuat aplikasi penyewaan yang user friendly, Untuk mengimplementasikan perancangan aplikasi Penyewaan Alat Hiking Di Toko Green Campus, Untuk membuat perancangan aplikasi penyewaan alat hiking di toko green campus.
PEMODELAN DAN SIMULASI PROSES PRODUKSI PERALATAN BAYI PADA HOME INDUSTRI PUPPY PUTRA PERDANA Trisha Aida Syahputri; Tazkia Shabrina Az-zahra; Niken Ayu Setifani; Kinanti Prawita Ningrum; Dwi Rolliawati
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.24-31

Abstract

Puppy Putra Perdana merupakan salah satu home industry yang bergerak dibidang konveksi, khususnya produksi produk peralatan bayi yang ada di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi dari model dan simulasi produksi Puppy Putra Perdana dan menyarankan model produksi yang lebih baik. Metode pada penelitian ini memiliki tahapan yang meliputi analisis permasalahan, studi literatur dan pemodelan. Analisis dan pemodelan pada produksi barang di Home industry  Puppy Putra Perdana dapat ditarik informasi bahwa produksi saat ini kurang efisien, permasalahan yang dialami oleh Home Industry Puppy Putra Perdana adalah kurangnya manajemen produksi sehingga terjadi antrian akibat dari proses produksi yang lama, hal tersebut dikarenakan produksi menggunakan sistem make to order. Model produksi yang disarankan peneliti untuk diterapkan pada Puppy Putra Perdana memiliki efisiensi lebih jika dibandingkan dengan proses produksi yang diterapkan saat ini, sehingga dapat membuat proses produksi menjadi lebih baik dan memberikan keunggulan pada Puppy Putra Perdana.
Aplikasi Sistem Informasi Inventaris Perusahaan Untuk Mendukung Manajemen Procurement Setia Bakti Christian; Riri Fajriah
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.62-71

Abstract

Informasi yang cepat sangat dibutuhkan setiap perusahaan untuk membantu efektifitas kerja. Sudah menjadi suatu kebutuhan bagi perusahaan untuk menggunakan sistem yang dapat menghasilkan informasi yang cepat. Hal ini yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk pengelolaan aset dan barang secara terstruktur agar dikemudian hari tidak terjadi sebuah kekeliruan dalam pencatatan barang terlebih lagi apabila masih dilakukan dengan mencatat pada kertas. Sehingga diperlukan cara untuk membuat sebuah aplikasi menggunakan metode waterfall, metode ini bertujuan untuk pengembangan sistem agar dapat dilakukan secara berurutan, maka untuk memperbaiki masalah ini diperlukan pendekatan lain dengan Soft System Metodelogy (SSM) untuk memecah permasalahan didalam perusahaan agar mendapatkan tujuan lain, hingga akhirnya menjadi referensi untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan lainnya dengan menghubungkan manajemen pengadaan barang. Dengan adanya sistem informasi inventaris yang terintegrasi dengan procurement yang berbasis website ini memudahkan general affair untuk melakukan pencatatan aset dan juga pengadaan barang secara online serta keamanan data terjaga, mempermudah dalam mengolah data transaksi dan laporan dapat tersaji dengan cepat dan akurat.
PEMODELAN DAN SIMULASI DISTRIBUSI KAOS CUSTOM DENGAN ANYLOGIC (STUDI KASUS KONVEKSI KAOS SURABAYA) M Saifudin Azizi; Yoga Aditiatama; Moh Khusnul Mubarak; Dwi Rolliawati
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.32-36

Abstract

Business activities that function in the discipline of convection are very dependent on the production technique carried out. Effectiveness and effectivity want to be viewed in using human resources and also management factors. Surabaya T-shirt convection has many customers in more than a few regions in Surabaya, but still can't maximize its distribution strategy. By the use of distribution simulations it is hoped that it can improve the first-rate of Surabaya T-shirt convection administration in managing the ups and downs of patron demand, the exceptional of the service of Surabaya T-shirt convection increases. Especially in shipping by the distributor. By including units according to the variety of retails, the accuracy of distribution can reach 100%.
Pemodelan dan Simulasi Produksi untuk Mendukung Strategi Bisnis PT Majimak Hikmah Rossyta V; Rizki Puji Lestari; Nurdiana Saputri; Swi Rolliawati
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.72-80

Abstract

Industri kerajian kayu merupakan industri yang masih eksis dan digemari masyarakat, kerajinan kayu tidak hanya digunakan sebagai hiasan semata namun sekarang ini sudah merambah hingga penambahan fungsi sebagai peralatan sehari hari. Seperti pada PT Majimak yang membutuhkan suatu strategi bisnis agar dapat bersaing dengan perusahaan lokal maupun perusahaan asing. Untuk melakukan analisis dalam menentukan strategi bisnis salah satunya dapat menggunakan analisis SWOT. Dengan analisis SWOT akan didapatkan karakteristik dari kekuatan utama, kekuatan tambahan, faktor netral,  kelemahan utama dan kelemahan tambahan berdasarkan analisa lingkungan internal dan eksternal yang dilakukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif  dengan menggunakan data kuantitatif  yang didapat dari laporan penjualan pada PT.Majimak. Penelitian ini menghasilkan faktor internal dan eksternal PT Majimak pada kuadran analisis SWOT PT Majimak berada pada kuadran I yang artinya strategi yang diterapkan membawa pada situasi yang cukup baik, maka strategi yang digunakan adalah strategi agresif atau pengembangan. Sehingga dapat disimpulkan bahawa analisis SWOT dapat mendukung strategi turn around dengan mengubah strategi yang dilakukan sebelumnya untuk mendapat hasil yang maksimal.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PEMILIHAN POSISI KEPALA UNIT (KANIT) PPA DENGAN METODE WEIGHT PRODUCT Sumarno M Sumarno; Jauhari Mustafa Harahap
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.37-44

Abstract

Kepolisian Negara Republik Indonesia atau yang sering disingkat dengan POLRI dalam kaitannya dengan Pemerintahan adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian maka jajaran kepolisian, semakin dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat dan sekaligus mewujudkan ketentraman ditengah-tengah masyarakat. Dalam Undang-Undang ini secara jelas disebutkan mengenai tugas, fungsi dan wewenang sebagai polisi. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk membuat sistem pendukung keputusan dalam memilih personil dikepolisian sebagai alat bantu bagi pimpinan dalam mengambil sebuah kebijakan. Dalam hal ini peneliti mengambil studi kasus di Polresta Simalungun di bagian Kepala Unit (Kanit) PPA. Data yang diperoleh berasal dari Polresta Simalungun dan kriteria yang dibuat berdasarkan keputusan kepala satuan reserse kriminal dengan 8 kriteria penilaian yakni pangkat, wawasan, tanggungjawab, sikap, kesatuan, kepedulian, paham UU dan kepemimpinan. Sampel data yang digunakan 3 alternatif untuk pemilihan di bagian Kepala Unit (Kanit) PPA tahun 2014. Dari sampel tersebut diperoleh nilai tertinggi 0,341 atas nama inisial Mr. B. Diharapkan dengan menggunakan salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan, Proses perhitungan dengan menentukan kriteria yang telah ditentukan dapat memberikan output berupa rekomendasi kepala Kanit PPA menggunakan metode Weight Product.Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Weight Product, Kanit PPA, Polresta Simalungun
Visualisasi Museum Muhammadiyah Menggunakan Teknologi Augmented Reality Fijaya Dwi Bima Sakti Putra; Rusydi Umar; Sunardi Sunardi
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.81-89

Abstract

Perkembangan teknologi begitu cepat. Di luar negeri, semakin banyak bermunculan teknologi mutakhir yang sudah diaplikasikan ke publik untuk memudahkan masyarakatnya, seperti Augmented Reality (AR), sudah diterapkan pada banyak hal: pendidikan, pariwisata, advertising, laporan berita, dan lain-lain. Di Indonesia penggunaan AR masih kurang. Padahal penggunaan teknologi AR bisa lebih memudahkan serta membantu visualisasi banyak hal. Pembangunan museum Muhammadiyah di kompleks kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan, yang dimulai sejak tahun 2018, sekarang sudah memasuki tahap finalisasi. Dalam rangka memudahkan masyarakat mengenal museum Muhammadiyah serta bermacam-macam koleksi yang ada, dibutuhkan media advertising yang dikemas dengan teknologi untuk membuat masyarakat semakin tertarik mengetahui museum Muhammadiyah. Teknologi AR diterapkan pada selebaran media advertising berupa brosur. Masyarakat bisa melakukan scan barcode yang tertera di brosur tersebut sehingga tampak 3D bangunan museum Muhammadiyah serta sebagian koleksi yang ada di sana. Teknologi AR membawa masyarakat memasuki dunia virtual hanya dengan ponsel pintar. AR memerlukan masukan berupa model 3D yang dibuat menggunakan software Blender dan Unity. Model 3D yang sudah di-render kemudian diaplikasikan menggunakan teknologi AR menggunakan ponsel.  Kata Kunci: AR, Blender, Unity, 3D, Museum Muhammadiyah
Sistem Human Capital Management Menggunakan Metode Scrum Beni Septian; Indra Komara Jayadi; Munawar Holil; Inge Handriana
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.1-16

Abstract

Human Resources Information System (HRIS) adalah suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan tugas sehari-hari dari bagian Human Resources mulai dari pengelolaan data karyawan, absensi, dan sebagainya. Sistem Human Capital Management bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan meminimalisir kesalahan pada proses bisnis yang ada pada bagian sumber daya manusia sehingga memudahkan kegiatan operasional bagian sumber daya manusia khususnya pada proses rekrutmen, manajemen data karyawan, absensi dan penghitungan gaji. Dalam pengembangannya sistem ini menggunakan PIECES dalam membantu menganilisa permasalahan – permasalahan yang ada dan menggunakan metode scrum yang meliputi storyboard berdasarkan fitur apasaja yang akan di kembangkan, product backlog, sprints, daily scrum dan sprint review. Dengan adanya sistem human capital management dapat meningkatkan jumlah pelamar pekerja dan mempercepat proses screening kandidat dengan adanya profile matching. Pada proses pencatatan data karyawan dan absensi informasi yang didapat lebih akurat dan efeketif serta pada proses penghitungan gaji karyawan lebih cepat dan mengurangi kesalahan karena sudah terintegrasi dengan absensi karyawan.
SISTEM INFORMASI ANTAR WARGA “SI-ANWAR” SEBAGAI SOLUSI Bermasyarakat di PERUMAHAN TIGARAKSA BERBASIS WEB Ardhi Abdurrahman Ghozi; Muhammad Taufik Hidayat; Khoiru Rohman
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.45-52

Abstract

Informasi sangat penting dalam  mendukung kehidupan bermasyarakat, khususnya di perumahan. Masyarakat sangat membutuhkan akses informasi yang cepat dan efisien, Dengan berkembangnya teknologi belakangan ini dirasa sangat perlu dalam melibatkan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat di perumahan. Masalah yang ada pada perumahan ini adalah kurang transparannya laporan keuangan dan adanya warga yang mengeluh karena tidak mendapatkan informasi yang jelas oleh karena itu warga menginginkan kemudahan dan kejelasan dalam mendapatkan informasi serta pelaporan yang lebih mudah tersampaikan kepada ketua RT. Mengingat warga dan ketua RT memiliki kesibukan masing-masing sehingga mengalami kesulitan untuk saling bertemu. Setelah melakukan studi lapangan penulis merasa perlu untuk membuat Sistem Informasi guna menyelesaikan permasalahan tersebut. Penulis merasa aplikasi tersebut diperlukan untuk mempermudah warga sekitar untuk mendapatkan informasi secara digital dan real time. Penulis menganalisa dan merancang aplikasi tersebut dengan menggunakan metode waterfall dan dengan tahapan analisis kebutuhan sistem, desain dan perancangan menggunakan UML, Pengkodean menggunakan PHP dan pengelolaan database menggunakan MySQL. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi memberikan pelayanan publik yang transaparan dan akuntabel dalam memenuhi kebutuhan kemudahan dalam bermasyarakat.Kata Kunci: Informasi, perumahan, digital, real time
PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENJUALAN PADA SHOWROOM SALMAN AUTO MOBILINDO TUGU DEPOK Salman Alfarisi; Rikky Supriadi Nababan; Intan Mutia
JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Volume 11 Nomer 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/justit.11.1.17-23

Abstract

AbstrakKemajuan  dunia bisnis saat ini adalah menggunakan teknologi yang dapat mempercepat proses bisnis yang berjalan. Tujuan dari perancangan sistem ini adalah untuk  merancang sistem apalikasi yang dapat mengolah data dengan mudah dan cepat, membuat rancangan aplikasi penjualan pada showroom SALMAN yang dapat membantu user dalam memasukkan  data mobil, serta dapat melakukan pencarian data dengan cepat dan tepat, merancang sebuah sistem yang terkomputerisasi, sehingga memudahkan user dalam membuat laporan kepada konsumen dan kepada pimpinan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam sistem pengolahan data yaitu teknik pengumpulan data seperti observasi, studi lapangan yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung, serta melakukan penelitian kepustakaan berdasarkan referensi yang relevan dengan masalah sistem informasi pengolahan data perpustakaan. Metode pengembangan sistem yang digunakan menggunakan metode Graunded Research. Hasil dari penelitian ini adalah adanya suatu perangkat aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java NetBeans dan penyimpanan data menggunakan database dari MySQL sehingga proses pendataan dan pembuatan laporan pada showroom SALMAN auto tugu depok menjadi efektif dan efisien.  Kata Kunci : Sistem Informasi, Penyewaan, Java, MySQL.

Page 1 of 1 | Total Record : 10